Senin, 30 Mei 2011

PPAI Darun Najah Ngijo Karangploso Malang



A.  PROFIL PESANTREN
Nama Lembaga
      Pondok pesantren ppai darun najah merupakan salah satu dari elemen pendidikan bangsa ini. Lembaga ini secara resmi bernama: Lembaga Pondok Pesantren Pendidikan Perguruan Agama Islam (PPAI) Darun Najah. Nama Pendidikan Perguruan Agama Islam (PPAI) merupakan label yang meruntut pada pondok induk, yaitu Pondok Pesantren PPAI Ketapang Kepanjen Malang. Sedangkan nama "Darun Najah" merupakan nama khusus bagi lembaga ini.
Pendiri dan Pengasuh
      Lembaga pendidikan ini didirikan oleh Bapak K.H. Achmad Muchtar Ghozali dan hingga kini beliau adalah pengasuhnya. K.H. Achmad Muchtar adalah putera dari Bapak H. Ghozali dan Hj. Siti Ruqoyyah, seorang putera dari desa Ngijo Karangploso Malang Jawa Timur.
Tahun Berdiri dan Ciri Khas Pendidikan
     
    Didirikan pada tanggal 1 Agustus 1967, Pondok Pesantren PPAI Darun Najah semenjak awal hingga saat ini menggunakan ciri pendidikan salaf sebagai pola dasar pendidikannya. Yakni pola pendidikan yang melestarikan corak pengajaran berbasis kitab kuning salaf sebagai cirri khas pengajaran dan pendidikannya. Hingga kini, corak pendidikan tersebut masih dipertahankan kelestariannya.
 






Alamat dan Letak Geogrefis.
Secara geografis Pondok Pesantren PPAI Darun Najah yang beralamat di Jl. Pesantren No.51, Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang Kode Pos 65152 Jawa Timur, ini merupakan Pondok Pesantren yang berada di kawasan setrategis karena berada di jalur pariwisata Surabaya - Batu Malang. Lokasinyapun cukup tenang dan alami dengan kanan kiri masih di kelilingi oleh hamparan lahan pertanian yang cukup luas dan perumahan yang tidak padat penduduk.
Ada dua jalur yang dapat dilalui untuk menuju ke lokasi Pondok Pesantren PPAI Darun Najah, yaitu dari arah timur, tepatnya 8 km dari arah pabrik rokok bentoel, dan dari arah barat, tepatnya 12 km  dari kota wisata Batu Malang. Tidak jauh dari lokasi juga terdapat sungai yang alami air bersih yang melimpah dimana sebagian telah dikelolah oleh PDAM dan sebagaian lagi dikelolah oleh PPAI Darun Najah dengan sistem pompanisasi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air bersi dan masyarakat sekitar pondok.
Visi Pondok Pesantren
Pondok Pesantren PPAI "Darun Najah" mempunyahi visi untuk membetuk manusia muslim yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan berwawasan serta beradab sesuai dengan idealitas insan "Ulul Albab" (Q.S. Ali Imron; 190-191).
Misi Pondok Pesantren.
      Misi yang diemban oleh Pondok Pesantren PPAI Darun Najah adalah sebagai berikut:
  1. Mengupayakan dan mengoptimalkan pendidikan akhlaq sesuai dengan tuntunan ajaran islam dalam Al-Qur'an dan Hadits.
  2. Memberikan pendidikan islam salafi dalam disiplin ilmu agama dengan basis kitab kuning (kuno) sebagai materi pendidikanya.
  3. Merangsang tumbuhnya kreatifitas dan keyakinan diri para santri.
  4. Melatih pola hidup yang disiplin, bersih dan sehat serta menumbuhkan tabiat yang baik dan islami kepada semua santri.
  5. Mengusahakan pendidikan dan pelatihan kemasyarakatan yang marketable dalam masyarakat sesuai dengan nilai-nilai islam dan nilai-nilai sosial. 
Falsafah
      Dengan visi dan misi ini, cukup layak kiranya jika Pondok Pesantren PPAI Darun Najah "Dzikir, Fikir, dan Amal Sholeh" sebagi falsafah pendidikanya.
Tujuan Pendidikan
      Adpun tujuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren PPAI Darun Najah adalah sebagai berikut:
1.      Menghasilkan tenaga-tenaga ahli dalam bidang agama yang kelak dapat menjadi kekuatan penggerak pendidikan islam dan pengajar agama serta pengembangan ilmu pengetahuan keagamaan.
2.      Menghasilkan para tenaga ahli agama yang berdedikasi tinggi dalam memperjuangkan cita-cita islam dan penerus perjuangan ulama, bertaqwa kepada Allah berakhlaqul karimah serta berpengetahuan dan berwawasan
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar